Selamat Datang :)

....
Follow Me

Apa yang harus kita lakukan saat pagi hari?



By  mas vi2n     Thursday, March 14, 2013    Labels: 
Assalamu'alaikum...
selamat pagi...
semangat pagi...
aku ingin semangat ngeblog lagi...
walaupun fasilitas tak ku miliki...
alias, minjem punya temen...
hehehe

Pagi ini aku mulai dari mana ya? pengen memberikan semangat pagi di blog tapi gak punya ide. iya, aku paling sulit mencari ide menulis. Apalagi harus mengawali tulisan dengan pesan-pesan pembuka atau yang semisalnya. Nulis aja kadang aku hapus sampai beberapa kali. Kali ini pun aku tak tahu ingin menulis apa. Tuh kan mandek lagi otakku. Owh gini aja, bagaimana kalau aku tulis apa yang harus dilakukan saat pagi. dan aku beri judul psoting ini "Apa yang harus kita lakukan saat pagi hari?" Oke??? AlhamduliLLAH akhirnya ide muncul.

Agar pagi kita kian bermanfaat, memberikan semangat sepanjang hari dan bahkan menjaga kesehatan tubuh, ada beberapa hal yang harus dilakukan saat pagi, diantaranya:

1. Bangun pagi. Ya jelas donk, harus bangun pagi. Kalo nggak bangun gimana mau semangat. :) Kenapa harus bangun pagi? di artikel sebelumnya pernah saya tulis manfaat bangun pagi (Silahkan lihat di Ash Sholatu Khairun Minan Naum). Perlu diketahui bahwa saat pagi terjadi peningkatan tegangan simpatis yang akan menyebabkan kita siap tepur, tekanan darah meningkat, denyutan jantung lebih kuat dan sebagainya. Jika itu tidak diimbangi dengan aktifitas (alias hanya tidur aja) maka akan mudah terkena serangan jantung. Itu menurut ahli kesehatan loh, bukan menurutku. dan Pagi itu mulai kapan? Sebelum subuh itu sudah pagi, jadi lebih bagus lagi kalau bangunnya sebelum subuh. Kalau belum bisa bangun sebelum subuh, bangun saat subuh nggak apa apa, buat latihan. Kalo nggak bisa bangun Subuh, waduuuhhhhh :). Biar bangun, minta dibangunin sama teman, adek, ibu, ayah, kakak, atau yang lain yang bisa membuat kita tidak bisa tidur. Hey, bangun itu bukan cuma membuka mata terus ngambil laptop nulis status atau ngeblog, tapi harus ada aktifitas. okeee???

2. Do'a Bangun tidur. Berdo'alah sebelum dan sesudah tidur. Terkadang kita lupa untuk sekedar mengucapkan do'a. Iya itu manusiawi yang punya sifat lupa. tapi jangan lupa terus terusan donk! Do'a itu banyak manfaatnya loh. Saat tidur kita kan sedang 'semi' mati dan tidak tahu apa yang terjadi disekitar kita. yah layaknya orang mati. jadi patut kita syukuri kita masih dibangunkan Tuhan di pagi ini. Masih diberi kesempatan menikmati hangatnya sinar mentari pagi, dan diberi kesempatan untuk berbuat yang lebih baik dari kemaren. Jadi syukurilah dengan berdo'a.

3. Minum Air Putih. Kata ibu saya setiap minum air putih saat bangun tidur dapat menghilangkan penyakit-penyakit dalam tubuh dari penyakit kecil hingga kronis. Asalkan minumnya rutin dan katanya diminum sebelum kita membasuh muka. Entah ibu saya itu tahu dari mana, saya nggak tahu. Tapi menurut pakar kesehatan, saat kita tidur kita banyak mengeluarkan cairan dalam tubuh. Pernah tidak, saat bangun tidur tiba-tiba kita basah?. Mimpi basah kali, atau ngompol? hehehe, bukan itu maksud saya. Tapi pernah tidak saat bangun tidur kita berkeringat? Nah itu. Sebenarnya walaupun kita tidak terlihat berkeringat tapi tubuh kita tetap saja mengeluarkan cairan tubuh. Jadi sangat baik jika cairan tubuh itu segera kita ganti dengan minum air putih.

4. Menggerakkan badan. Masih di artikel ku yang sebelumnya Ash Sholatu Khairun Minan Naum, disebutkan bahwa saat pagi siklus aktifitas jantung kita meningkat. Jika tidak diimbangi dengan Gerakan badan maka jantung tersebut mudah terserang penyakit. Apalagi orang Islam, diwajibkan sholat subuh. Ngomong-ngomong soal sholat, ternyata saat pagi hari itu ada tiga macam sholat yang bisa kita lakukan, yaitu

  • Ada Sholat sebelum subuh (Tahajjud, Witir, dll). 
  • Sholat subuh itu sendiri. 
  • Dan Sholat setelah matahari terbit sepenggalahan, (Sholat Dhuha).
Dan salah satu hikmah sholat-sholat tersebut dilihat dari kacamata kesehatan adalah menggerakkan badan kita untuk mengimbangi aktifitas jantung di pagi hari. Lebih-lebih sholat malam sebelum subuh dan menjaga ke-istiqomahannya, hmmm sepertinya saya juga harus belajar lebih tentang ini :). Berat memang menjaga istiqomah bangun sebelum, namun harus diusahakan walaupun cuma beberapa hari sekali agar akhirnya kita terbiasa. Disamping sholat-sholat itu bisa kita tambahkan dengan olahraga, jogging, dan lain sebagainya.


5. Dzikir Pagi. Dzikir pagi selaras dengan fungsi do'a yaitu mensyukuri. tapi kalau do'a hanya kita lakukan pas bangun, dzikir bisa kita lakukan terus menerus. Saat beraktifitas pun, tak ada masalah. Dengan berdzikir, kita insyaALLAH bisa lebih banyak mengingat Tuhan, dan lebih berhati-hati menjalani hari.

6. Sarapan. Tubuh kita terdiri dari organ aktif dan organ pasif. organ aktif selalu beraktifitas saat kita tidur sekalipun. Contohnya Jantung, paru-paru, lambung, dan organ-organ lainnya. Sedangkan organ pasif adalah organ yang akan bergerak jika mendapatkan perintah-perintah tertentu dari otak. Seperti tangan, kaki, mulut, dan lain lain. Karena ada organ aktif yang terus bergerak otomatis energi terus digunakan, dan terutama lambung yang selalu memcerna sisa-sisa makanan kita didalam lambung. jadi peranan Sarapan pagi sangat penting bagi persediaan energi kita. Itulah kenapa berpuasa juga disunnahkan sahur.

7. Oiya ada yang hampir lupa, Mandi. Ada nggak yang bangun pagi kemudian berangkat kerja atau sekolah tanpa mandi? kalaupun ada, nggak usah dikasih tau ya! hehehe... Mandi juga banyak manfaatnya, selain mengilangkan bau iler, juga dapat melancarkan peredaran darah. itu juga katanya pakar kesehatan. dan masih banyak manfaat yang lain.

Itu beberapa hal yang aku ketahui yang harus dilakukan setiap pagi. kalu ada tambahkan silahkan, agar pagi kita makin bersemangat. Semoga blogger-blogger dah pada mandi... hehehe
Siap-siap berangkat kerja

About mas vi2n

Lorem ipsum dolor sit amet, consectetur adipiscing elit. Maecenas euismod diam at commodo sagittis. Nam id molestie velit. Nunc id nisl tristique, dapibus tellus quis, dictum metus. Pellentesque id imperdiet est.

10 comments:

  1. Yuuk mari kita semangat aktifitas pagi..

    ReplyDelete
    Replies
    1. Terimkasih Bunda Niken, udh mampir kesini :D, sering2 ya hehe

      Delete
  2. Waw, aktifitas dipagi harinya keren sekalee Cak :)

    Yang penting Bangun Pagi ku Trus Mandi, tidak lupa menggosok gigi, habis itu ambil wudhu' dan sholat hihihi

    Salam :D

    ReplyDelete
    Replies
    1. eh @kang Sofyan,,, asal habis sholat jangan tidur lagi hehehee,

      Delete
  3. bangun pagi, itu tuh yang sulit dilakukan apalagi saat liburan :))
    yuk bangun pagi :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. hehehehe... iya kah??? sama donk,.. haha tp harus ada usaha bangun pagi!!!

      Delete
  4. Bangun pagi menunjukkan seseorang itu rajin dan sehat.

    Pagi:))

    ReplyDelete
    Replies
    1. Aamiin... sehat raga dan jiwanya :)... makasih udah berkunjung :D

      Delete
  5. setiap detik adalah selamat pagi.
    klo para motivator pasti bilangnya begitu yah.
    secara semangat pagi itu benar2 subhanallah. :)

    salam kenal.

    ReplyDelete
    Replies
    1. padahal sekarang lagi malem ya hehehehe...

      makasih udah mampir

      Delete